Jumat, 14 Januari 2011

Bermain Pro Evolution Soccer 2011


Bagi seorang yang sangat menggemari sepak bola, saya sering bermain virtual game sepakbola seperti Pro Evolution Soccer 2011 atau biasanya orang-orang menyingkatnya menjadi PES2011. Sangat mengasyikkan bisa bermain game ini, karena disini kita bisa mengekspresikan gaya bermain sepak bola kita dengan mengendalikan para tokoh idola kita. 

Seni dalam game
Sampai dengan saat ini saya masih terkagum-kagum dengan orang yang mampu menciptakan game2 seperti ini. Bagaimana tidak, dari segi visual disini kita dapat melihat banyak tokoh-tokoh sepakbola yang sangat mirip dengan aslinya. Tidak  hanya dari wajah, bahkan  dari cara bermainnya pun terlihat sangat mirip. Salah satu contohnya adalah ketika kita memainkan Real Madrid yang dalam tim tersebut terdapat Cristiano ronaldo, kita dapat melihat dari cara berlarinya juga cara menendang jika terjadi free kick. Suatu hal yang luar biasa bukan? 

Ronaldo hendak mengesekusi tendangan bebas

 
Dalam game ini kita bisa memilih tema permainan yang ingin dimainkan. Bisa bermain dengan mengendalikan 11 pemain baik practice atau exhibition atau bahkan kompetisi, juga dapat bermain dengan hanya dengan mengendalikan satu pemain saja.

Jika kita memainkan exhibition, kita dapat memilih tim yang kita sukai, setalah itu kita dapat bertanding dengan teman atau juga bisa dengan melawan computer. Seperti versi terdahulu, sebelum kick off  kita dapat mengatur susunan pemain, formasi, warna jersey, stadion yang digunakan sampai dengan cuaca saat pertandingan berlangsung. Bedanya dengan versi terdahulu adalah jika kita ingin melakukan gocekan(apa ya dalam bahasa bakunya?) maka kita bisa menekan dengan kombinasi tombol, tetapi disini(PES 2011) kita dapat memilih tipe gocekan yang akan kita gunakan dalam bermain juga dengan tombol mana yang akan digunakannya. Misalnya, kita menginginkan gocekan roulette(melewati pemain dengan memutar badan dengan bolanya) maka itu bisa dilakukan dengan hanya sedikit kombinasi tombol yang kita pilih.

Penyusunan Formasii dan Pemain

 
Dengan memainkan ini, seseorang yang maniak sepak bola akan tetapi tidak handal dalam bermain sepakbola sesunguhnya akan merasa terbawa dalam euphoria permainan sepak bola sesungguhnya apalagi jika ini dimainkan bersama teman, adik, kakak atau siapapun itu, maka akan jauh lebih mengasyikan. 

Jika kita bermain dengan mengendalikan ke sebelas pemain, maka ketika memulai pertandingan kita dapat mengatur jalannya bola dari kaki satu pemain ke pemain lainnya dengan pengendalian sesuka hati kita, dengan tujuan untuk memasukkan bola ke dalam gawang lawan. Dan disinilah seninya dalam permainan virtual sepak bola, dimana kita bisa berkreasi selayaknya pemain sepakbola sesungguhnya hanya dengan menggunakan joystick atau bisa juga dengan keyboard computer, kita dapat mengiring, menendang, mengumpan, menembak, menggocek, dan bahkan menyundul bolanya. 

Dan dalam prakteknya pun melakukan itu semua tidak semudah yang dibayangkan, karena untuk mengumpan bola, kita harus mengatur sendiri kekuatan dan arahnya agar akurasi terjaga, juga dalam menendang, menyundul, agar bisa mencetak gol, kita juga perlu mengatur akurasi dan kekuatannya agar bola tersebut dapat masuk kedalam gawang yang di jaga oleh kipper lawan. Dalam menggiring dan menggocek bola, disini juga tak mudah karena untuk mencetak gol, berarti kita dituntut untuk mempertahankan bola yang kita kuasai agar tidak terebut bolanya oleh pemain lawan. Dan disinilah daya kreativitas sekaligus kepiawaian tangan akan teruji dalam agar bola tetap dalam penguasaan tim kita.

Para Pemain dalam lapangan

Ronaldo terus menguasai bola dan hendak mencetak gol

Ketika Dimari hendak menerima umpan

Proses terjadinya gol

Merayakan gol



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar