Kamis, 05 Mei 2011

Character & Game Play


Christiano Ronaldo
Sebuah permainan akan menjadi lebih hidup dan menarik jika memiliki sebuah karakter. Dengan adanya karakter, sebuah permainan tidak akan lagi bersifat statis atau monoton. Contoh permainan yang tak memiliki karakter ialah tetris. Permainan tersebut hanya menyusun balok agar balok tersusun rapih dan pengguna diwajibkan meminimalisasi volume tempat menyusun balok tersebut secara terus menerus agar permainan dapat terus berlanjut. Namun bukan berarti permainan yang tidak memiliki karakter menjadi tidak menarik. Walaupun terlihat simple, tetris pernah menjadi permainan yang sangat fenomenal dengan banyak penggemar di seluruh dunia. Apakah tetris masih banyak digemari? Mungkin masih ada yang memainkannya, namun tidak lagi se fenomenal pada masanya.

Seiring dengan berjalannya waktu, perancang permainan terus mengembangkan permainan buatannya hingga pada akhirnya tercipta karakter dalam permainan. Pro Evolution Soccer (PES) merupakan salah satu permainan yang memiliki karakter. Ini adalah virtual permainan sepakbola yang dapat membuat penggemar permainan dan sepak bola serasa bermain seperti aslinya. Karakter yang ada dalam permainan ini adalah animasi pemain sepakbola yang dapat bergerak, berlari, membawa bola, menendang bola sampai dengan bergaya saat bola yang dibawa animasi pemain tersebut mencetak gol. Biasanya karakter dan tim yang di pilih oleh pengguna adalah pemain sepakbola favoritnya, misalkan seseorang mengidolakan Cristiano Ronaldo maka orang tersebut akan menggunakan real Madrid dalam memainkan permainan ini.

Sepak bola adalah permainan 2 x 45 menit dimana setiap tim di wajibkan untuk mencetak gol untuk memenagkan pertandingan. Dalam permainan ini, tentunya tidak 90 menit dalam waktu normal untuk memainkannya, namun menggunakan skala dari waktu aslinya. Misalkan pengguna ingin memainkan pertandingan selama 10 menit waktu normal, maka selama 2 x 45 menit waktu dalam permainan itu akan di atur menjadi 10 menit dalam waktu normal. 

Permainan ini bisa di mainkan oleh dua orang atau lebih, namun pada umumnya di mainkan oleh 2 orang. Saling mengandalkan karakter yang dimainkan, kedua pengguna yang bertarung disini akan terus berusaha mencetak gol dan gol agar menjadi pemenang pada hasil akhir nanti. Cara memainkannnya pun tidak rumit, pengguna bisa menggunakan joy stick usb, atau menggunakan keyboard. 

Karakter pemain sepak bola yang mirip dengan aslinya dan pertandingan yang juga mirip dengan aslinya membuat pengguna sangat menggemari permainan ini dan dengan PES ini pun pengguna bisa membuat sebuah kompetisi baik liga maupun kejuaraan system gugur. Selain itu, sebelum pertandingan dimulai pengguna bisa melakukan training, agar bisa lebih mahir dalam memainkan karakter pemain-pemain bola ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar