Rabu, 25 April 2012

Komputasi Modern


Tulisan kali ini akan di bahas tentang komputasi modern. Penulis aka menjabarkan sebagaimana yang penulis tahu tentang hal tersebut.



Konsep komputasi modern ini sendiri berasal dari John Van Neumann. Karya-karya yang di hasilkan adalah karya dalam bidang matematika, teori kuantum, teori permainan, fisika nuklir dan ilmu computer. Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada perang dunia 2.

Banyal hal di pelajari beliau yang juga dari berbagai tempat yang di antaranya adalah Berlin dan Zurich. Di tempat itu beliau mendapatkan diploma pada bidang teknik kimia pada tahun 1926. Pada tahun tersebut pula beliau mendapatkan gelar doctor pada bidang matematika dari universitas Budapest. Keahlian Von Neumann terletak pada bidang teori game yang melahirkan seluler automata, teknologi bom atom dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer. Kegeniusannya dalam bidang matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit di dalam kepalanya.

Setelah mengetahui secara singkat sejarah komputasi, komputasi itu sendiri dapat di artikan sebagai sebuah cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Selama ribuan tahun perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan memakai pena dan kertas, kapur dan batu tulis, atau bahkan dapat dikerjakan dengan bantuan tabel. Namun sekarang kebanyakan komputasi telah di lakukan dengan menggunakan computer.

Sebelum berlanjut mengenai komputasi modern, ada baiknya perlu kita ketahui tentang definisi dari modern itu sendiri. modern adalah sebuah perspektif yang menegaskan bahwa modern merupakan suatu keadaan dimana masyarakat telah menghasilkan produk-produk secara massal guna memenuhi kebutuhan sehingga kehidupan menjadi lebih mudah.

Setelah mengetahui apa itu komputasi dan modern, dapat di simpulkan bahwa komputasi modern merupakan pemecahan masalah menggunakan computer untuk menghasilkan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pengguna dalam kehidupan sehari-hari. Dalam komputasi modern terdapat perhitungan dan pencarian solusi dari masalah yang ada yang menjadi perhitungan dari komputasi modern adalah :
  • Akurasi                 : Yang berhubungan dengan bit dan floating point.
  • Kecepatan    : Dalam Satuan hertz (processor tunggal, pipeline, parallel processing)
  • Problem Volume Besar : down sizing, parallel.
  • Modeling              : NN, GA
  • Kompleksitas     : menggunakan teori big O.

Jenis-Jenis Komputasi Modern :
  1.  Mobile Computing
  2. Grid Computing
  3. Cloud Computing
     
sumber : 1 2 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar